Senin, 28 Januari 2019

Menulis Resensi itu Mudah

Menulis resensi itu mudah. Banyak orang terkenal di koran atau media cetak karena dipopulerkan oleh para penulis. Buku, CD, Film, Majalah, Jurnal, dan kampanye politik pun kadang menggunakan jasa penulis. Bahkan pemasaran produk pun kadang dari aspek marketing menggunakan narasi yang disusun para penulis "bayaran".

Dalam dunia penerbitan buku, seorang penulis resensi buku dibutuhkan untuk mempromosikan buku-buku yang baru terbit. Resensi buku biasanya dimuat dalam media cetak (koran dan majalah) dan media online berupa situs/website atau blog. Kadang cuplikan dari buku bisa dipajang di akun twitter dan facebook maupun instagram. Bahkan, disebar dalam telegram dan whatsapp group, twitter, atau media sosial lainnya.

Keuntungan dari sebaran "informasi" buku tersebut tentu untuk promosi penerbit buku, yaitu melejitkan penjualan. Kemudian bagi yang menulis resensi, selain dapat kepuasan batin karena mampu memahami isi buku, juga kadang ada honor kalau resensi buku dimuat dalam koran dan media cetak lainnya.

Memang tidak seperti membalik telapak tangan. Butuh proses dalam menulis resensi buku dan pengalaman yang berulang-ulang. Sekedar berbagi saja, ini panduan bagi yang ingin belajar menulis resensi buku.

Pertama, pilih buku apa yang akan dibaca untuk diresensi. Kedua, beli buku atau pinjam kepada yang memiliki buku tersebut. Ketiga, dibaca hingga tuntas dan temukan yang membuat Anda menarik, bermanfaat, dan memiliki kelebihan dibanding buku lainnya. Keempat, tulis dengan kalimat atau kata-kata sendiri seperti sedang bercerita atas buku yang telah Anda baca. Kelima adalah baca lagi hasil tulisan Anda dan perbaiki setiap kesalahan ketik atau kalimat. Jangan ragu untuk menambah kalimat kalau dirasa kurang dan ingin menambah.

Ingat: resensi itu meliputi identitas buku! Nama penulis, judul, penerbit, kover, daftar isi, halaman, bentuk buku, tahun terbit, dan yang terpenting dari RESENSI adalah isi bukunya. Selamat membaca buku! Jangan lupa membuat resensi. Selamat mencoba! *** (ahmad sahidin)