Senin, 28 Agustus 2023

Jalaluddin Rakhmat dan Karya Tulis

Ustadz Jalal (Jalaluddin Rakhmat) merupakan sosok ilmuwan. Kemampuan dalam ilmu-ilmu sosial, psikologi, filsafat, dan dirasah Islamiyyah termasuk mumpuni. Hal ini terlihat dari ceramah dan kajian yang sering diselenggarakannya. Materi-materi yang berat kalau dipaparkan Ustadz Jalal lebih mudah dipahami ketimbang membaca buku-buku yang berkaitan dengan materi tersebut. 

Buat saya yang baru belajar dalam ilmu-ilmu Islam, Ustadz Jalal merupakan kran air yang memuaskan dahaga para pencari ilmu. Dalam menguraikan sebuah materi agama, Ustadz Jalal menggunakan bahasa dan contoh yang bisa dipahami jamaah.

Apalagi kalau membaca bukunya, tangan saya tidak mau lepas sebelum beres baca bagian atau bab yang sedang dibaca. Buku Ustadz Jalal yang pertama saya baca adalah Islam Alternatif dan Islam Aktual. Kedua buku ini diterbitkan Mizan Bandung. Saya menemukan pencerahan baru dalam kedua buku tersebut. Terdapat hal baru yang saya dapatkan. Misalnya tentang analisa kritis hadis dan analisa gerakan revolusi Islam Iran dari tinjauan filsafat sejarah. Terasa nyambung dengan bidang studi yang saya tekuni saat kuliah di UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

 

Tulisan-tulisan Ustadz Jalal dalam buletin Al-Tanwir yang diterbitkan Yayasan Muthahhari Bandung pun sempat saya baca. Meski hasil transkrip dari ceramah, tetapi gaya bahasanya tidak jauh beda dengan tulisan yang ditulis langsung, yang bagi saya renyah dan mudah dicerna.

 

Alhamdulillah, saya memiliki 14 buku karya Ustadz Jalal. Saya baca ulang-ulang. Bahkan untuk sekadar bahan obrolan dengan istri, saya kadang bahas isi buku Ustadz Jalal yang sedang dibaca.

 

Saya setuju dengan sebuah tulisan biografi Ustadz Jalal yang menggolongkannya sebagai da’i dan cendekiawan yang produktif.  Yang dalam perjalanan kariernya, Ustadz Jalal sudah banyak menghasilkan karya-karya ilmiah, baik yang berupa buku, majalah, buletin, makalah, artikel, kata pengantar beberapa buku yang sudah terbit dan beredar di toko-toko buku.

  

Sejumlah karya buku yang ditulis Kang Jalal yang telah terbit adalah  Analisis Isi (1983), Metode Penelitian Komunikasi (1984), Psikologi Komunikasi (1985), Islam Alternatif (1986), Islam Aktual (1991), Renungan-Renungan Sufistik (1991), Retorika Moderen (1992), Catatan Kang Jalal (1997), Reformasi Sufistik (1998), Menjawab Soal-Soal Islam Kontemporer (1998), Meraih Cinta Ilahi: Pencerahan Sufistik (1999), Tafsir Sufi Al-Fatihah (1999), Tafsir Bil Matsur (1994), Rekayasa Sosial: Reformasi atau Revolusi? (1999), Rindu Rasul (2001), Dahulukan Akhlak di Atas Fikih (2002), Psikologi Agama (2003), Meraih Kebahagiaan (2004), Belajar Cerdas Berbasiskan Otak (2005), Memaknai Kematian (2006), Islam dan Pluralisme (2006), Tafsir Kebahagiaan (2010), Al-Mushthafa: Manusia Pilihan yang Disucikan (2008), The Road to Allah (2008),  The Road to Muhammad (2009), Madrasah Ruhaniah (2005), Jalan Rahmat (2011), Sunah Nabawiyah: Kajian 14 Hadis (2012), SQ for Kids (Mizan Pustaka), Khotbah-khotbah di Amerika (Rosdakarya), Menyinari Relung-relung Ruhani (2002), O’Muhammadku (Muthahhari Press, 2001), Khalifah Ali bin Abi Thalib (Rosdakarya), Rintihan Suci Ahlulbait (1988), (Sayyidah) Fathimah Azzahra (Rosdakarya), (Sayyidah) Zainab Al-Qubra (Rosdakarya), Keluarga Muslim dalam masyarakat Moderen (Rosdakarya), Komunikasi Antar Budaya (Rosdakarya), Shahifah Sajjadiyyah (terjemahan Ustadz Jalal), Doa Bukan Lampu Aladin (Serambi, 2013), Berbinar Cinta (Muthahhari, 2015), Misteri Wasiat Nabi (Misykat, 2015), Afkar Penghantar (Nuansa, 2016), Jangan Kau Bakar Taman Surga (Nuansa, 2017), dan lainnya.

 

Sementara karya Kang Jalal berupa artkel dimuat dalam buletin Al-Tanwir, Ummat, Ulumul Quran, Tempo, dan Prisma. Untuk surat kabar harian antara lain Pikiran Rakyat, Fajar Timur, Detik, Republika, Pikiran Rakyat, Kompas, Galamedia, dan lainnya. Juga dimuat dalam jurnal Al-Hikmah dan Al-Huda. Kemudian media online yang khusus memuat artikel Kang Jalal seperti Majulah IJABI, al-Tanwir, dan Misykat (www.majulah-ijabi.org, www.altanwir.net, dan www.misykat.net).


Yang disebutkan di atas merupakan yang saya ketahui. Kemungkinan masih ada buku lainnya yang ditulis secara bersama-sama dengan penulis lain. Mohon kiranya share informasi pada saya jika ada yang mengetahui buku lainnya dari Ustadz Jalal.


Dalam buku Zaman Baru Islam Indonesia karya Dedi Jamaluddin Malik dan Idi Subandy Ibrahim disebutkan karier dalam menulis, Ustadz Jalal saat masih SMP meraih Juara I lomba menulis dengan karya tulis berjudul “Jika Saya Menjadi Seorang Penerbang”.


Saya yakin kemampuan menulis dan menyampaikan materi-materi keagamaan dan keilmuan yang sulit menjadi mudah berkat dari belajar dan kecintaan Ustadz Jalal pada ilmu pengetahuan. Saya melihat lemari di ruang tamunya diisi dengan buku-buku tebal dan PerpustakaanMuthahhari pun dijejali buku-buku yang tertera namanya dengan tahun pembelian yang disertai tanda tangannya. Wassalam. *** (AHMAD SAHIDIN)