Kamis, 02 Februari 2023

Renungan tentang Pluralisme

Salam. Mungkin ini sekadar berbagi tentang apa yang saya pikirkan tentang hidup dan kehidupan. Dari renungan itu, saya semakin yakin bahwa seorang Muslim dan Muslimah atau manusia beriman itu pada dasarnya harus bisa hidup sekaligus menghargai keanekaragaman yang ada di sekitar kita. 

Jadi, wawasan pluralisme tampaknya sangat penting kita pelajari sehingga bisa semakin bijaksana saat melihat hal yang aneh dan janggal, bahkan menurut kita itu tidak "normal". 

Saya sempat berpikir, mungkin mereka yang hidup dan menjalankan puasa di negeri yang mayoritas bukan Islam, puasanya lebih bermakna dan pahalanya lebih besar ketimbang yang berpuasa di negeri yang setiap hari banyak yang berpuasa. Karena tantangan  kondisi untuk menahan marah atau menahan godaan yang dapat membatalkan puasa sangat besar. Puasa di negeri yang mayoritas Islam, tidak terlalu banyak godaan dan tantangan dalam menjalankan puasanya. 

Hal lainnya, yang saya renungkan bahwa segala sesuatu yang kita hadapi dalam keseharian ada hikmahnya atau ada pelajaran yang diberikan Allah. Namun, hanya orang-orang yang cerdas dan arif yang dapat mengambil hikmah dari setiap kejadian dan ciptaan Allah Swt. Bahkan, setiap kesulitan diiringi kemudahan. *** (ahmad sahidin)