Sabtu, 09 November 2019

Islam yang Saya Pahami


Saya ingin membuat semacam "catatan" tentang Islam yang saya pahami sebagai agama yang hingga hari ini masih saya pegang dan yakini kebenarannya di banding agama lainnya.
Bagi saya bahwa Islam merupakan agama sempurna. Dalam sejarahnya melahirkan ragam mazhab dan aliran dengan perbedaannya. Meski berbeda masih tetap mengacu pada Al-Quran dan Rasulullah saw sebagai sumber utama dalam beragama Islam. Kemudian dua sumber Islam ini ditafsirkan oleh umat Islam sehingga melahirkan pemahaman-pemahaman orang yang beragama sampai hari ini.

Memang ada yang menyimpang dari mainstream, tetapi biarlah menjadi khazanah. Meributkan yang menyimpang akan menghabiskan energi positif dan lebih baik menyuburkan yang masih diakui kebenarannya oleh berbagai otoritas Islam di mana pun adanya. Tidak perlu dipersoalkan jika ada sedikit ajaran Islam yang berbeda, baik dari rincian rukun Iman maupun rukun Islam. Selama memegang dan menggemakan kalimah Tiada Tuhan Selain Allah dan Muhammad adalah Utusan Allah, masih layak dianggap umat Islam. Yang terpenting menjaga kerukunan antarumat Islam dengan kemauan untuk hidup berdampingan dan toleransi dengan orang Islam yang berbeda mazhab.

Saya percaya bahwa perbedaan mazhab merupakan khazanah Islam dan rahmat dari Allah yang harus diterima dengan lapang dada oleh setiap orang Islam. Umat Islam Indonesia harus menerima kenyataan bahwa dalam Islam itu banyak mazhab dan aliran pemahaman agama. Hidup berdampingan dan harmonis dengan tetanggga atau saudara kita yang berbeda mazhab, saya kira tidak termasuk haram.

Sesuatu yang memang harus dilakukan karena sesuai dengan misi Rasulullah saw sebagai rahmat bagi seluruh alam. Islam seharusnya ditampilkan dengan penuh rahmat, kasih sayang, dan saling menghargai perbedaan. Yang terpenting sekarang ini adalah kontribusi bagi umat Islam dan kemanusiaan. Sudahkah pengikut mazhab-mazhab Islam melakukannya?

Tengok sejarah, mazhab mana yang banyak menyumbangkan khazanah ilmu dan peradaban bagi umat Islam? Sekarang juga kita lihat negara dan organisasi Islam atau mazhab mana yang banyak berkontribusi bagi umat. Selamat menjawab! *** (Ahmad Sahidin)