Jumat, 14 Agustus 2015

Gumam Orang yang Banyak Dosa (Barangkali Anda Minat Baca)

Inilah diri saya yang sedang sadar dan kadang tidak sadar kalau diri ini punya dosa. Kalau diri punya sombong. Kalau diri, yang bersatu padu antara tubuh dan jiwa ini, sulit dikendalikan. Kalau diri sendiri sulit dikendalikan, tentu saja yang bukan bagian dari diri sendiri pun akan tidak bisa dikendalikan. Karena itu, saya mengakui kalau saya bukan seorang jagoan. Kalau saya bukan seorang yang ahli. Kalau saya bukan yang terpenting. Apalagi yang paling mampu. Dan kini saya sadar kalau saya punya dosa yang banyak. Saya sadar kalau saya punya banyak salah.


Sadar bahwa diri ini pernah meremehkan orang lain. Sadar bahwa diri ini memiliki hasrat yang buruk dan tidak terkendalikan. Maka karena itu, bagi seluruh orang, makhluk, yang pernah merasakan sakit dan gerah dengan kehadiran diri saya: mohon maaf sedalam-dalamnya.

Ya Allah, saya pasrah dengan diri ini. Ya Allah, saya mohon kasihani diri yang tidak berdaya ini. Engkaulah Yang Mahakuat. Engkaulah Yang Maha Berkehendak dan Menentukan. Hanya Engkaulah. Siapa pun makhluk dan  tiada yang mampu menandingi-Mu. Hanya Engkau saja…

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala aali Muhammad. 
Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala aali Muhammad. 
Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala aali Muhammad.

12 Agustus 2015

Jam 20:11