Senin, 30 Oktober 2023

Sajak Wasiat

 

 

WASIAT

 

istriku...

jarum jam tak henti-henti kabarkan batas

kehidupan tak lain jalan Ilahi

 

peganglah kuat-kuat imanmu

karena aku tak pernah bisa perkirakan

kapan dan dimana aku lengah

lalai dari kewajibanku

padamu

juga pada Ilahi

 

karena setiap detak jantung dan denyut nadi adalah ayat tak tersirat

yang harus dibaca

ditafsir

diresapi

 

istriku...

kutahu aku akan tiada

mungkin hanya nama yang kau ingat

--karena telah berlalu orang-orang yang kucinta

bahkan para utusan Tuhan

 

tengoklah jejak-jejak orangtua dan para guru

di sana ada ayat bahwa hidup dan mati

 bukan punyaku

bukan punyamu

 

kutahu matamu basah kala ajal tiba

jelajahi relung-relung tak berwaktu

 

istriku...

ingatlah nafas hanya tanda

hidup sebatas singgah

 

istriku...

usaplah airmatamu

karena tiada musibah yang paling berat dibandingkan dengan musibah Al-Musthofa

Nabi Muhammad  Wa Ahlulbaytihi

 

Allohumma Sholli Ala Muhammad

Wa Ala Ali Muhammad

 

istriku...

ingatkanlah

bila suatu hari aku lengah dan lalai

bila suatu hari aku tak amanah

bila suatu hari aku tak sadari dosa-dosaku

 

istriku...

gumamkanlah bacaan keramat tadi

setiap waktu

saat kau merasakan betapa beratnya menjalani hidup

 

semuanya harus dijalani

semata-mata karena Allah

 

istriku...

berdoa dan yakinlah

ini jalan terbaik menuju-Nya

 

2007