Sabtu, 07 Desember 2019

Anak, Murid, dan Semangat Belajar

Akhir pekan ini saya mau curhat. Tentang murid sekolah, kecanduan games dan korea-korean, dan keluhan orang tua yang anaknya tidak mau berangkat ke sekolah. 

Saya tidak bisa menjelaskan fenomena tersebut. Saat ditanya saya hanya bisa dengar saja. Maklum kurang ilmu dan tidak mengerti cara menanganinya. Sabab musabab dari fenomena tersebut terkait dengan handphone (hp).

Harus diakui bahwa ada efek kurang baik atas fenomena hp tersebut pada pembelajaran. Sering berkali-kali saya minta para murid untuk menulis materi pelajaran. Murid pun melakukannya. Saat diminta tiga sampai lima kali dibaca catatan pelajarannya, pun oleh murid dilakukan. Namun saat dites atau tanya jawab tidak bisa jawab. Meski pertanyaan yang ditanyakan sesuai dengan catatannya. Ini yang bagi saya aneh. Sebab ternyata tidak satu dua orang, hampir setengahnya dalam kelas. Beres belajar, hilang begitu saja pengetahuan. Daya ingat yang lemah dan fokus yang kurang. Kenapa ya?

Namun, ketika pegang handphone kemudian disapa, hanya menjawab dengan suara tanpa lepas dari memegang dan tanpa lepas mata dari handphone yang ditangannya.

Keluhan itu terjadi pula pada beberapa guru yang bertemu dan mengobrol. Apalagi kalau lihat berita, di negeri kita ini, banyak kasus murid atau anak terkait dengan hp. Ada murid yang diambil hp oleh guru kemudian marah sambil membawa bawa parang atau mengajak berkelahi pada guru tersebut. Kasus dengan orangtua lebih parah, ada anak yang sampai ancam dengan pisau agar hp bisa dikembalikan. Gejala kecanduan hp yang menimpa anak sampai masuk gejala gangguan jiwa. 

Kalau saya lihat yang mereka senangi dan lihat dari hp sampai kuat seharian, ternyata bermain games mulai yang online sampai games offline. Ini mesti ditangani serius. Generasi muda kurang antusias dalam urusan belajar karena kecanduan hp untuk kepuasan pribadinya, yaitu memainkan games.

Tentu mulai dari pemerintah, Orangtua, sekolah, dan masyarakat sekitar harus terlibat dalam cari solusi atas fenomena kecanduan hp yang mengakibatkan semangat belajar menurun. Mohon pencerahan dari semua pembaca. Terima kasih. *** (Ahmad Sahidin)