Sabtu, 14 Januari 2023

Sekolah, Akhlak dan Lifeskills

Di Kota Bandung, terdapat sekolah tingkat SMP berlokasi di Arcamanik Endah, yang bernama SMP Bahtera. Banguanannya permanen dan tingkat dua. Satu atap dengan Sekolah Cerdas Muthahhari. Tetapi ruang belajar dan sarana aktivitas murid terpisah. Para gurunya lulusan perguruan tinggi ternama dan memiliki skills.

Sekolah ini sejak awal sudah menetapkan sebagai lembaga pendidikan yang coba mengikuti perkembangan zaman. Di antaranya pembelajaran sudah menggunakan teknologi informasi mulai dari pembelajaran di kelas, penugasan sampai ujian semester dan ujian tahunan pun menggunakan teknologi informasi. Hal ini karena sebagian besar murid sudah mengenal dunia internet dan pintar menggunakan gadget serta cepat merespons untuk teknologi informasi. Karena itu, SMP Bahtera Bandung dalam proses pembelajaran pun menyesuaikannya dengan tetap mendampingi anak didik dengan tetap memerhatikan aspek akhlak murid.

Mengapa akhlak? Sebab pendidikan akhlak (moralitas) penting bagi tumbuh kembang anak Indonesia. Moralitas harus ditanamkan dalam jiwa setiap anak. Sehingga selain pintar dan cakap dalam melakukan kreativitas sesuai dengan minat dan bakatnya, juga tetap menjadi manusia berkarakter baik (akhlaq). Tanpa akhlak maka seorang manusia tidak ada artinya. Akhlak menjadi perisai dalam aktivitas dan melandasi kehidupan seorang anak sampai kelak ia capai cita-citanya. Dan saya kira sekolah yang menanamkan pendidikan akhlak dan pembelajaran berbasis lifeskills amat jarang adanya di tengah masyarakat. 

Hal lain yang penting bagi anak itu, yaitu menyalurkan minat dan bakatnya terkait dengan seni dan budaya. Di SMP Bahtera setiap murid diberi pilihan untuk mengambil minatnya sendiri yang ditawarkan sekolah. Karena itu, ketika seorang murid ingin menimba pengalaman pada bidang seni budaya lainnya akan difasilitasi. Dan pengalaman memang sangat dibutuhkan untuk anak didik sehingga dari pengalaman itu mereka bisa banyak belajar.      

Karena itu, SMP Bahtera sejak awal sudah menyadari pentingnya teknologi informasi ini sehingga dalam aktivitas sekolah pun setiap anak didik diarahkan untuk menggunakan internet sebagai pendukung proses belajar dengan tetap dibimbing dan diarahkan dengan memerhatikan aspek akhlak. Harus diakui kini teknologi informasi menjadi yang utama dalam proses pembelajaran. *** (ahmad sahidin)