Minggu, 24 Juli 2022

40 Kedahsyatan Bisnis ala Nabi Muhammad saw

 

Judul               : Business Wisdom of Muhammad saw

Penulis             : Bambang Trim

Penerbit           : Madania Prima

Terbit               : Sya`ban 1429 H.

Tebal               : 109 +xviii

Harga              : 41.000

 

SIAPA yang tak kenal sosok Nabi Muhammad saw? Hampir semua orang mengetahui beliau adalah seorang Nabi dan manusia teragung sepanjang sejarah. Bahkan, umat Islam diperintahkan Allah untuk meneladaninya, patuh dan taat, bersikap dan berperilaku seperti  Muhammad saw. 

Secara teologis, Muhammad saw menjadi manusia sempurna karena ketetapan Allah. Sedangkan secara humanis, besar dan agungnya beliau karena akhlak dan prinsip hiduonya yang berbeda dengan masyarakat umum. Dikala orang gemar berprilaku curang dalam bisnis, beliau bersikap jujur dan tidak bernafsu dalam mengambil keuntungan.  Semua perbuatan dan perilaku keseharian Nabi Muhammad saw telah menjadi identitas sehinga wajar kemudian dikenal sebagai sosok ‘yang terpercaya’ (al-amin). 

Hal lainnya, Muhammad putra Abdullah adalah seorang pembelajar. Pada usia 12 tahun, Muhammad saw telah ditempa menjadi seorang entrepreneur. Melalui medan dagang yang luar biasa berat bersama pamannya, Abu Thalib, ini mengantarkannya menjadi seorang pebisnis profesional yang disegani di Jazirah Arab. Sampai-sampai, Khadijah selaku pengusaha kaya ternama di Mekkah pun mengangkat sebagai penjual barang dagangannya. Bahkan, Khadijah sampai berani meminang beliau untuk menjadi suaminya. Sungguh luar biasa keahlian, potensi, dan planning hidupnya sehingga menjadi manusia mulia dan menjadi referensi sepanjang sejarah.  

Apa sih yang membuat beliau bisa menjadi manusia luar biasa? Bagaimanakah cara meledakkan (memunculkan) potensi Muhammad saw sebagai seorang pebisnis? Prinsip-prinsip bisnis yang bagaimanakah yang dipegangnya? Semua pertanyaan ini terjawab dalam buku “Business Wisdom of Muhammad saw:  40 Kedahsyatan Bisnis ala Nabi saw”. Bambang Trim, penulis karier dan praktisi industri kreatif, dalam buku ini membahas secara praktis dan gamblang tentang kearifan bisnis yang patut diteladani (dari Muhammad bin Abdullah) khususnya bagi usahawan Muslim, calon pengusaha, dan umat Islam. 

Buku yang diterbitkan Madania Prima (imprint Salamadani Pustaka Semesta) pada Sya`ban 1429 H. dengan ketebalan 109 +xviii halaman. Di dalamnya memuat tentang jalan spiritual bisnis, kedudukan seorang pebisnis dalam Islam, orientasi bisnis, prinsip, etika bisnis, profesionalitas, dan hal-hal yang wajib dijauhi para pelaku bisnis. 

Selain uraiannya bernas, juga disisipi insert atau cuplikan esensi  dalam setiap bagian dan babnya, juga diberi pengantar oleh Ustadz Yusuf Mansur, pengelola Wisata Hati Corporation dan pengasuh Pesantren Daarul Quran, Tangerang, Banten. 

Alhasil: Nabi Muhammad saw memang  the best spiritual business model.  Tidak inginkah kita sukses seperti beliau dan bersama beliau di akhirat kelak? 

Hmm…  segeralah meluangkan waktu untuk belanja buku ini kemudian membacanya serta mewujudkannya dalam kehidupan bisnis dan keseharian Anda. Insya Allah, berkah dunia dan akhirat. Amiin ya Rabbal `alamin. *** (ahmadsahidin)