Senin, 03 Oktober 2016

Fatwa Fadhlullah: Boleh Copy Buku untuk Keperluan Pribadi

Salam. Beberapa pekan lalu saya memfotokopi sebuah buku karya terjemahan yang ditulis oleh ulama dari luar negeri. Buku tersebut pernah diterbitkan di Jakarta dan sekarang sudah terbit lagi. Biasanya dahulu kalau untuk kebutuhan studi, saya berani langsung copy karena hanya satu dan tidak dijual.

Saya pernah dengar guru saya bicara tentang copy buku. Saya ragu: apakah boleh atau tidak? Maklum sudah lama. Kemudian saya tanyakan kembali melaui whatsapp. Tapi tak ada jawaban. Sedangkan buku sudah saya copy dengan memesan kepada tukang foto kopi di kampus UIN Bandung sekira 11 copy. Apalagi ini bahan bacaan untuk kajian yang melibatkan banyak orang. Secara etika memang perlu izin penulis dan penerbit. Saya coba cari info penerbit, tidak ketemu.

Lantas saya coba kirim kepada Bayynat: kantor marja taqlid Ayatullah Udzma Sayyid Muhammad Husein Fadhlullah (allahu yarham). Sore harinya saya dapat kiriman jawaban yang intinya diperbolehkan bila untuk keperluan pribadi. 

From: istif@bayynat.org.lb
No: 46/21September2016

أمناء مرجعية العلامة المرجع آية الله العظمى السيد محمد حسين فضل الله (رض)

السلام عليكم  ورحمة الله وبركاته
 س) هل من الجائز نسخ الكتب من دون إذن الناس أو المؤلف؟

بإسمه تعالى:
ج) إن كان للاستفادة الشخصية فيجوز، ولكن لا يجوز طباعة الكتابة ونشره أو نسبه من الكتاب إليه.
                                                  
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

مكتب الاستفتاءات لسماحة العلامة المرجع
آية الله العظمى السيد محمد حسين فضل الله
            (رضوان الله عليه)