Sabtu, 30 Juli 2016

saya baru sadar bahwa diri ini sudah beranjak tua

Kemarin di sekolah tempat saya mengajar, ada dua alumni angkatan pertama. Badan dan perawakan kedua alumni itu sudah hampir mirip orang dewasa. Saya tersenyum melihat keduanya. Saya masih terbayang dalam benak bahwa ketika saya mengajar keduanya masih imut-imut dan kecil. Dan kemarin saat keduanya silaturahim dan mengobrol, saya lihat sudah berbeda.

Alhamdulillah, kedua alumni itu sekarang masuk perguruan tinggi negeri di Bandung. Saat bersalaman saya hanya bisa berucap: selamat dan sukses.

Setelah keduanya berpamitan, saya dan seorang kawan guru berceloteh: saat melihat kedua murid tadi, saya baru sadar bahwa diri ini sudah beranjak tua.

Ya Allah, berkahi orang-orang yang sedang belajar.
Kuatkan selama proses belajar dan tetapkan mereka dalam kebaikan.
Jadikanlah mereka berguna untuk bangsa, agama, dan kemanusiaan

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa aali Muhammad
Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa aali Muhammad
Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa aali Muhammad