Senin, 04 Juli 2016

Tes Akal Sehat Anda: Siapa pun Boleh Menjawab

Ini sekadar tes kemampuan akal sehat. Silakan baca dengan teliti, renungkan, dan catatlah pilihan Anda pada ruang komentar di bawah tulisan ini. Jangan lupa beri alasannya!

PERTANYAAN PERTAMA:  Katakanlah Anda di sebuah daerah yang tidak mengenal dunia teknologi. Rumah yang Anda tempati berjauhan dengan tetangga. Tidak ada klinik kebidanan dan sangat sedikit di daerah Anda itu orang yang bisa baca tulis. Di daerah inilah Anda dilahirkan dengan bantuan keluarga dekat (orangtua) Anda. Pasti ketika lahir Anda tidak mengetahui bagaimana proses atau kondisi saat lahir. Juga tidak mengetahui hari, waktu, tanggal, bulan, dan tahun kelahiran. Anda baru mengetahui semuanya ketika diberitahu. Kira-kira: informasi siapa yang paling benar (shahih) atau yang harus dipercaya berkaitan dengan kelahiran Anda?
A.      Orangtua dan keluarga terdekat Anda
B.      Tetangga dan orang lain yang baru Anda kenal 


PERTANYAAN KEDUA:  Seseorang yang baru Anda kenal kemudian bercerita tentang masa lalu keluarga Anda. Mengisahkan masa lalu Anda ketika kecil dan menyampaikan asal-usul Anda termasuk nenek moyang Anda. Informasi yang Anda dapatkan dari orang yang baru Anda kenal itu kemudian Anda sampaikan kembali kepada keluarga Anda yang terdekat. Dari informasi yang disampaikan oleh Anda itu keluarga Anda menolak dan menyatakan palsu (maudhu) sembari menyampaikan kisahnya. Kira-kira: informasi siapa yang harus dipercaya dan dapat dijadikan sumber yang benar?

A.      Orang lain yang baru Anda kenal
B.      Orangtua dan keluarga terdekat Anda 

PERTANYAAN KETIGA:  Seorang pengusaha sekaligus pemilik perusahaan besar ternama menyatakan berhenti dari aktivitasnya. Beberapa bulan sebelum berhenti, seluruh karyawan dan manajemen yang berhubungan dengan perusahaan dihadirkan dalam rapat besar. Pengusaha besar itu dalam pidatonya menyatakan akan berhenti dan menyebutkan orang yang akan memimpin perusahaan atau memegang otoritas  dalam perusahaan setelahnya. Orang yang disebut itu ternyata orang yang dikenal dekat, cerdas, amanah, dan orang yang dipercaya oleh pengusaha besar tersebut.

Beberapa bulan setelah rapat besar itu, pengusaha besar langsung mendadak pamitan dan meninggalkan kegiatannya, termasuk perusahaannya. Dua jam kemudian, segelintir orang yang berada dalam jajaran manajemen berkumpul dan mengangkat seorang pemimpin perusahaan yang dipilih oleh tim manajemen. Sementara orang yang disebutkan menjadi pengganti pengusaha besar itu tidak hadir dalam rapat singkat manajemen karena sibuk mengurus hal-hal yang berkaitan dengan pengusaha besar tersebut.  Kira-kira: siapa yang harus diikuti kalau Anda berada dalam perusahaan tersebut?

A.      Orang yang disebutkan oleh pengusaha besar
B.      Orang yang dipilih dalam rapat singkat manajemen 

PERTANYAAN KEEMPAT:  Tiba-tiba seorang pengusaha besar meninggal dunia. Ia hanya mempunyai seorang anak perempuan dari istri pertama yang sudah meninggal dunia. Dari istri yang lain, pengusaha itu tidak punya anak. Harta yang ditinggalkannya berupa perusahaan besar dan rumah-rumah yang ditempati istri-istri pengusaha tersebut.

Selang tiga hari setelah pengurusan jenazah, mertua laki-laki dari dua istri pengusaha besar itu mengambil alih kepemilikan perusahaan besar tersebut dengan berbagai alasan. Kemudian anak perempuan pengusaha besar itu tidak menerimanya karena suatu hari ayahnya sudah memberikan perusahaan besar sebagai warisan. Anak perempuan itu membawa saksi-saksi yang hadir dalam acara serah terima.

Namun, kedua mertua itu tetap tidak mau menyerahkannya malah menyatakan dusta kepada mereka. Malahan pengacara mertua itu menuntut hukuman berat kepada anak perempuan pengusaha besar tersebut.  Kira-kira menurut Anda, siapa yang benar dan dapat dipercaya dalam kasus tersebut?

A.      Dua mertua beserta pengacara-pengacaranya
B.      Anak perempuan beserta saksi-saksinya
  
SEKADAR BERBAGI: seseorang dikatakan sehat akalnya kalau ia mampu berpikir, memilah, dan menentukan dengan kesadaran rasional. Ia tidak sekadar memilih, tetapi dari setiap yang dipilihnya memiliki dalil, alasan-alasan, dan argumentasi yang dapat dipahami serta diterima oleh akal sehat orang lain atau bersifat universal: di mana pun dan kapan pun diakui kebenarannya.

Silakan Anda pilih dan berikan komentar yang menguatkan pilihan Anda atas pertanyaan-pertanyaan di atas! Mohon maaf, kuis ini tidak berhadiah dan sangat bermanfaat melatih kecerdasan, kecemerlangan, dan kesehatan otak Anda.

Wassalaam…
Bandung, 21 Desember 2012

Ahmad Sahidin