Senin, 18 Desember 2017

Aforisme Hidup

Hidup dan kehidupan. Dua hal yang berbeda. Yang satu universal dan yang kedua partikular. Hidup bermakna umum dan berlaku seluruh makhluk. Manusia, jin, malaikat, tumbuhan, dan hewan. Bagaimana laku, karakter, sifat, dan dinamika setiap makhluk, maka itu bersifat tersendiri dan setiap makhluk memiliki ciri khasnya berbeda satu sama lain. 

Manusia dalam ruang dan waktu. Itu makna dari sejarah. Sedangkan peran dan aktivitas yang dijalankan sebagai manusia adalah bentuk kehidupan yang juga pengalaman manusia dalam ruang dan waktu dinamika yang menyertainya. Ini pula sejarah dalam makna cerita manusia. Setiap manusia tentu memiliki sejarah masing-masing dan bersifat khas. Ada yang memiliki kemiripan dengan cerita manusia lainnya, tetapi tidak sama persis dan selalu ada yang membedakannya. Ingat dengan manusia yang lahir kembar. Kalau diteliti akan diketahui perbedaannya. Itulah kehidupan dalam hidup manusia.

Manakah yang utama dari hidup dan kehidupan? Tampaknya kehidupan, yang memiliki nilai tersendiri sekaligus menjadi tumpukan cerita dan mampu menampakkan adanya yang hidup. Menurut Anda?