Rabu, 10 Januari 2018

Belum Punya Pewaris

Tiba-tiba berada dalam lingkungan, yang di sana ada beberapa perempuan seperti artis mengenakan pakaian duka cita. Saya berjalan menuju rumah yang pintunya terbuka. Saya masuk dan berbincang dengan seseorang. Di bagian depan ruangan ada keranda mayat yang sudah siap menunggu jenazah.

"Sudah siap. Sedang dimandikan, langsung diberi kain dan shalatnya di sini," katanya kepada saya.

Saya termenung melihat keranda. Dalam hati sambil menunggu bergumam: kematian memang membuat orang-orang berduka. Menangis kemudian dikenangnya. Bagaimana dengan diri ini? Adakah orang yang akan menangisi dan mengurus saat nanti wafat? Sementara saya belum punya pewaris. 

Tersentak dengan kalimat itu, langsung terbangun. Dan terdengar azan Subuh. Adakah yang bisa memberikan sedikit hikmah atas mimpi saya tersebut?

09-01-2018