Minggu, 05 Juni 2016

Membaca Buku: The First Muslim, The Story of Muhammad

Buku berjudul The First Muslim: The Story of Muhammad, adalah karya menarik dan layak baca. Saya coba membacanya secara ngemil. Pelan dan pasti dapat saripati dari buku tersebut. Nah, berikut ini kultwit saya dalam twitter.

0) Giliran karya Lesley Hazleton, The First Muslim: The Story of Muhammad, yang kini dibaca. Moga bisa paham sekaligus menyerap pesan dibalik teks.

1) Lesley Hazleton dlm First Muslim, The Story of Muhammad: menyatakan Ibnu Ishaq dan Thabary dlm heuristik menggunakan sejarah lisan.

2) Meski abai dengan ketelitian, tapi Ibnu Ishaq dan Thabary menjadi sumber pertama untuk mengenal Muhammad dari sejarah.

3) Ibnu Ishaq dan Thabary membiarkan pembaca menilai atas semua temuan/riwayat yang dimuatnya dalam kitab, yang kini menjadi acuan sejarah Muhammad.

4) Lesley Hazleton dalam The First Muslim, The Story of Muhammad: Abdullah tidak menyadari dirinya akan punya putra.

5) Lesley Hazleton dalam The First Muslim, The Story of Muhammad: penyembelihan Abdullah oleh ayahnya seperti leluhurnya: Ismail oleh Ibrahim as.

6) Lesley Hazleton dalam The First Muslim: The Story of Muhammad: Abdullah berharga 10 kali lipat dari nyawa lelaki Arab lainnya.

7) Lesley Hazleton dalam The First Muslim, The Story of Muhammad: pascalepas dari kematian, Abdullah dinikahkan dgn Aminah. Babak baru bergulir.

8) Lesley Hazleton dalam The First Muslim, The Story of Muhammad: kilatan cahaya pada wajah Abdullah pindah pada rahim Aminah; kelak ada pada putranya.

9) Lesley Hazleton dalam TheFirstMuslim, The Story of Muhammad: Dia lahir tanpa ayah, dalam budaya yang mengagungkan sosok ayah.

10) Lesley Hazleton dalam The First Muslim, The Story of Muhammad: dengan mengasuh Muhammad, hidup Halimah penuh berkah dan keajaiban.