Senin, 29 Juni 2015

Belajar Sepanjang Hidup

Wates diajar mah paeh. Elmu mah teu beurat mawa. Elmu nu mawa urang. Lain urang nu mawa elmu. Elmu nu ngajirim na diri nu ngariksa, ngaerohan dina diri urang. 

Mun elmu na asalna tinu bener, puserna ti Allah, pasti bakal mawa manfaat keur urang. Sok paluruh bae elmu di mana ngancikna, reugeupkeun caritaan guru. 

Begitu yang disampaikan almarhum ayah saya. Sampai sekarang masih terngiang. Masih relevan. 

Menyadarkan saya yang mulai merasa lelah  dalam belajar. Merasa kalah sebelum bertanding. Karena sejumlah beban dan soal yang kecamuk dalam diri yang berefek pada urusan kebutuhan harian keluarga. Tapi, biar bagaimana pun, belajar itu penting dan hal yang utama dalam agama yang saya yakini: belajar sepanjang hidup.

Karena itu, saya yakin bahwa Allah akan membantu dan mengarahkan manusia yang belajar menuju jalan-Nya. Saya percaya bahwa Kangjeng Nabi Muhammad saw hingga sekarang melihat aktivitas umatnya, termasuk saya ini. 

Karena itu, mugia kaberkahan sareng kalancaran dina nyiar elmu sareng kasab dina hirup janten marga lantaran lungsur kaberkahan sareng syafaat dugi ka simkuring sakulawargi.

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa aali Muhammad, 
Ya Ilahi Bihaqqi Muhammadin wa aali Muhammad
wa akhrijnii minalhammil ladzii anaa fihii
birahmatika yaa arhamar rahimin 
     
 (Ahmad Sahidin)