Minggu, 07 Agustus 2016

Shalawat Dilantunkan Saat Kelahiran


Sampurasun.... 

Jumat, 5 Agustus 2016, usia saya bertambah. Saya percaya pada tanggal yang sama, 35 tahun lalu orangtua saya bergembira. Saya percaya bahwa ketika lahir Bapak melantunkan adzan pada telinga kanan dan iqamah pada telinga kiri.

Saya percaya pada hari ketujuh diadakan marhabaan dan nama Kangjeng Nabi Muhammad saw didengungkan dengan rangkaian shalawat. Saya percaya bahwa saat itu digendong dan diputarkan kemudian diusap oleh saudara dari Bapak dan Ibu saya kemudian mengalir doa-doa beserta shalawat.

Saya percaya tradisi tersebut digemakan untuk sambut kehadiran saya. Percaya dan yakin itu yang saya ketahui dan ditetapkan dalam diri. Maklum saya tak bisa konfirmasi atau tabayun. Sebab kedua orangtua saya: Bapak dan Ibu kini almarhum. Allahummaghfirlahum warhamhum wa'afihim wa'fuanhum; washalli 'ala Muhammadin wa aalihith-thahiriin.

Kami di keluarga lima bersaudara. Urutan saya dalam keluarga sesuai dengan tanggal lahir pada angka lima. Angka yang kini membuat saya gembira karena orang yang disucikan berdasarkan hadis al-kisa (berkenaan dengan asbabun nuzul surah ahzab ayat 33) adalah lima orang: Nabi Muhammad saw, Ali bin Abi Thalib, Fathimah, Hasan, dan Husain. Kelima nama itu mulai saya kenal sekarang ini. Dahulu hanya nama saja. Kini, gerak dan catatan sejarahnya mulai saya baca. Masya Allah, betapa banyak teladan hidup dan beragama dari kelima orang suci tersebut.

Hatur nuhun untuk kedua orangtua saya. Hatur nuhun telah mengantarkan saya mengenal Rasulullah saw melalui lantunan shalawat dan pembacaan kitab al-barzanji yang mengisahkan sejarah hidup Nabi Muhammad saw. Sosok suci itu yang kini menjadi penelitian sekaligus studi saya di Pascasarjana UIN SGD Bandung.

Semoga Allah, Rasulullah saw dan Ahlulbait, serta orangtua saya menyaksikan "kecintaan" saya pada orang-orang suci tersebut. Semoga berkah dan syafaat Rasulullah saw dan Ahlulbait tercurah kepada orangtua saya. Allahumma Bihaqqi Muhammad wa aali Muhammad.

Bismillah.... 
wa 'ala Millati Rasulillah shallallaahu 'alaihi wa aalihi wa sallaam

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa aali Muhammad
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa aali Muhammad
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa aali Muhammad

Bandung, 7 Agustus 2016
- maaf baru sekarang ini sempat menulis -