Minggu, 05 November 2017

Mampir ke Toko Buku di Buah Batu Bandung

04 November 2017

Sabtu pagi sekira jam 08.30, saya mampir ke toko buku di jalan buah batu Bandung. Di dalam terpajang buku-buku yang menarik minat baca saya: filsafat, sejarah, agama, dan sastra. Bahkan novel dan buku pelajaran pun ada.

Saya melihat buku-buku karya Kuntowijoyo berupa disertasi yang tebal dan harganya 200ribu, novel-novelnya, kumpulan esainya, dan buku kecil Dinamika Umat Islam. Sayangnya harga buku-buku tersebut di atas 60ribu. Juga buku-buku filsafat dan sejarah serta agama harganya sekira 70-100ribu. Hanya bisa menikmati blurb dan catatan pengantar. Itu pun kalau buku tersebut dibuka plastiknya.

Oh, iya buku-buku agama Islam kini di dominasi oleh tema-tema Qur'an dan Tasawuf. Sekira delapan bulan yang lalu saat ke toko buku tersebut, buku-buku Islam banyak yang bertemakan teologi (Kalam) dan fikih. Misalnya tentang Syiah dan Wahabi yang terpajang di rak buku. Dan tadi tidak saya lihat lagi. Mungkin laku atau kembali pada penerbitnya.

Dan ada buku sejarah tentang prophet Muhammad (Saw) kemasan novel sekira empat seri yang bersambung. Tebal-tebal novelnya. Harganya di atas 150ribu. Ditulis novelis asal Gunung Kidul, Jawa Tengah, yang kini tinggal di Sumedang, Jawa Barat.

Saat lihat novel Muhammad itu saya tertegun dan bergumam: hebat novelis ini tekun membaca buku-buku sejarah nabi Muhammad Saw dan kreatif dalam menuangkannya dalam narasi novel. Sehingga terasa renyah saat dibaca. Tidak seperti buku-buku sejarah lainnya.

Dulu pernah baca yang jilid satu dan belum dibeli. Maklum masih mahal harganya. Dan ternyata kini sudah empat jilid dengan pembahasan masuk pada narasi nasib keluarga Rasulullah saw pascawafatnya. Tentu versi umum, bukan perspektif teologi mazhab. Ah, kalau ada uang saya beli semuanya novel itu. Ngarep....aja ada yang mau belikan buku.

[ahmad sahidin]