Kamis, 22 Januari 2015

Api Sejarah dan Polemik Sejarah

Beberapa hari yang lalu, kawan saya yang menjadi editor sebuah penerbit di Jakarta, melayangkan pesan pendek (SMS) tentang buku Api Sejarah jilid 1, cetakan 6, tahun 2012. Buku ini menurutnya dari segi bahasa tidak baku dan kurang enak dibaca.

Dari segi isi juga ada yang dikomentarinya. Kawan saya heran buku Api Sejarah (AS) karya Ahmad Mansur Suryanegara bisa bestseller. Saya tidak menjawab. Saya teringat dahulu ketika saya menjadi editor, hampir setiap hari posting di media maya tentang buku AS.

Saya juga terlibat dalam penyutingan buku AS, hanya beberapa bagian pada buku AS jilid 1 dan jilid 2. Karena buku AS tebal dan dituntut segera terbit, maka penyuntingan buku dilakukan secara keroyokan. 

Dari sebuah opini, berita, sampai liputan seminar atau bedah buku AS diposting. Begitu juga sowan ke media massa meminta diresensi. Kerja keras dan cerdas yang dahulu dilakukan dalam mempromosikan buku AS.

Kawan saya mempertanyakan tentang kisah Islam ke Indonesia. Menurut kawan saya, penulis AS tidak menyajikan data dan bukti yang kuat berkaitan dengan penyimpulan bahwa Islam mazhab Sunni Syafii yang awal masuk ke Indonesia. Hal ini bertentangan dengan paparan Jalaluddin Rakhmat, Azyumardi Azra, Abu Bakar Atjeh, Ali Hasymi, dan Muhammad Zafar Iqbal.

Mereka menyebutkan Islam masuk ke Nusantara, yang paling awal memiliki indikasi mazhab Syiah dengan tradisi lokal, budaya lisan, dan jejak arkeologis yang dijadikan buktinya. Bahkan, Agus Sunyoto berhasil membuktikan bahwa delapan dari Wali Songo itu bermazhab Syiah. Ini ditulis dalam bukunya: Atlas Wali Songo (penerbit mizan).Saya sampaikan betapa ‘keukeuh’ penulis dengan argumennya. Kemudian kawan saya mengirimkan pesan lagi:

“Pak Mansur menyatakan bahwa Nabi tidak bisa membaca dan menulis (halaman 41). Ini bertentangan dengan keinginan Nabi Muhammad saw untuk menuliskan wasiat tsaqalain yang dicegah Umar bin Khaththab. Syiah kebanyakan meyakini bahwa Nabi saw mampu membaca dan menulis. Ada bukti riwayat dan bukti sejarah. Pak Mansur bilang bahwa dari pernikahan dengan Sayidah Khadijah mempunyai 6 anak (halaman 43). 

Sejarawan lain menyebutkan hanya Sayidah Fathimah satu-satunya anak Nabi Muhammad saw.  Pak Mansur menulis: Islam juga tidak membenarkan sistem kawin mut’ah (halaman 47). Ini fatal karena Sunni pun menghalalkannya, paling tidak sampai Perang Khaibar. Bagaimana nih?

Kanggo widang kaislaman, saleresna ari ningali referensina kirang berimbang Pak Mansur teh. Utamina bab kontroversial sapertos anu disebatkeun. Perkawis kecap ‘santri’ aya anu nyebatkeun tina kecap ‘cantrik’, nyaeta pelajar Hindu/Budha anu nimba elmu di Jawa. Pasantren Hindu teu aya di Bali margi ka etang enggal keneh. Nyaeta urang-urang Hindu Majapahit anu kalabur saatos kawon perang. Wajar taya pasantren di Bali margi anu kalabur seuseurna prajurit.”

Catatan kawan saya itu langsung dikirim kepada penulis buku AS. Cukup lama saya tunggu jawabannya. Tadi subuh baru saya ketahui ada jawaban dari penulis buku AS, sebagai berikut:

“… Rasulullah saw kalebet dinasti berdarah bangsawan Quraisy. Zaman kapungkur anu tiasa ngaos (baca) sareng nyerat ti golongan non-bangsawan. Di Sunda atanapi di Jawa, bangsawan na teu tiasa nyerat sareng ngaos. Sanaos Nir Aksara teu ngajantenkeun turun darajat. Sami sareng ayeuna Bos atanapi Menteri, teu tiasa nyupiran mobilna, teu nanaon. 

Sawangsulna, darajat supir sanaos pinter nyupiran, teu tiasa merendahkan menteri. Janten juru tulis dina zaman kapungkur, janten petugas menuliskan sesuatu ku majikan.
Zaman ayeuna, benten interpretasina. Nu Nir Aksara rendah darajat sosial intelekna. Zaman kapungkur, juru tulis atanapi tukang mamaos, berderajat petugas. Tingali dina perjanjian nu ditanda tangani ku para sultan atanapi bangsawan mung ngangge coretan. Nu penting aya cap. Rasulullah saw, capna mangrupa cincinna.

Dina perkawis mut’ah, numutkeun nu sering ka Iran, pami dugi ka Airport di Teheran ulah heran upami aya jalmi nu nyepeng paspor sareng nyebatkeun mut’ah-mut’ah-mut’ah. Maksadna nikah mut’ah sareng istrina parantos kagungan paspor..Tiasa dibantun ke mana wae.

Golongan bangsawan di Jawa nyebatkeun Wijaya pendiri Kerajaan Majapahit (kusabab kitu) ditambih (namina janten) Raden Wijaya. Padahal saleresna kapungkurna teu bergelar raden. Dina pawayangan Janaka, Gatotkaca, Bima ditambih ku sebatan raden. Naon sababna? Milari pembenaran akar sejarah gelar raden nu (dipasihan salaku) hadiah pemerintahan kolonial Belanda. Janten, kawin mut’ah sanaos tidak berdasar al-Quran, dipilari pembenaran dengan mencari akar masa lalunya. Walaupun sanes ti para nabi. Henteu saurang oge nabi anu nikah mut’ah atanapi sirri pernikahanna. Janten kawin mut’ah semacam tradisi budaya Iran. Mangga teraskeun pami ngersakeun nikah sirri atanapi mut’ah di luar petunjuk amal pernikahan para rasul.”

Jawaban penulis buku AS itu saya kirimkan kepada kawan saya. Tidak lama muncul komentarnya sebagai berikut:

“Waktos abdi ka Iran tahun 2006, anu nyebatkeun mut’ah-mut’ah, abdi teu kantos ningali. Sakaterang abdi, sanaos tos dilebetkeun dina hukum positif Iran, mut’ah hampir jarang dipraktikeun ku urang Iran nyalira. Istilahna mah, mun ku nikah daim (permanen) tos cekap, naon peryogina nikah mut’ah.

Wanoja Iran kaetang harga dirina luhur. Janten kanggo anjeuna taya peryogina nikah mut’ah. Tapi upami aranjeunna (pameget/wanoja) ka luar negeri (Barat) dina raraga tolabul elmu, aranjeuna meraktekeun mut’ah kumargi pergaulan di Barat mah geuning kitu. Dugi ka ayeuna free sex teh mahabu. Teu jarang pameget Iran tiasa ngalebetkeun bule Barat janten muslimah alatan mut’ah.”

Kalau saya lihat dari buku AS, penulisnya (Pak Mansur) mengisahkan serpihan-serpihan dari sejarah yang kadang membuat pembaca terasa anyar. Pak Mansur cerdas dalam memilih tema kajian historis sehingga orang pembaca awam menjadi terkagum-kagum. 

Sebut saja kisah pencemaran nama Rasulullah saw oleh bangsawan Jawa dan makna bendera merah putih yang dihubungkan dengan ayat-ayat al-quran dan panji Rasulullah saw. Saya kira pembenaran ‘teori’ dengan mengaitkan dengan sejarah digunakan pula oleh Pak Mansur. 

Bahkan, analogi yang loncat-loncat di dalam paparan kisah demi kisah dalam buku dan menjawab pertanyaan atau menanggapi sejarawan lain yang mengritiknya, sering digunakan Pak Mansur. Memang itu khasnya. Beliau pernah mengatakan dalam menulis meniru gaya Alquran. Dalam beberapa surat dan ayat Alquran kadang ditemukan tema yang berulang dan sama dengan redaksi sedikit berbeda. Itu juga yang tersaji dalam buku AS.

Saya melihat gebrakan yang segar dari buku AS, khususnya dari wacana Islam di Indonesia. Namun, dari segi isi tentu harus didiskusikan lagi. Biarlah pembaca menilainya. Dengan cetakan 6 untuk buku AS jilid 1 dan cetakan 5 untuk buku AS jilid 2, saya kira cukup menjadi bukti masyarakat senang dengan wacana-wacana kontroversial. 

Tinggal giliran para ahli dan akademisi sejarah yang menopang, bahkan menambah wacana dengan lebih akurat dan bukti historis yang valid. Bukankah dunia ilmiah itu dinamis? *** (10 Rabiul Tsani 1434; by Ahmad Sahidin)